PERBAUNGAN-MM
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai kembali menggalakkan program belanja bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Sergai yang difokuskan di pasar rakyat Perbaungan, Jumat (2/7)
Turut hadir berbelanja Bupati Darma Wijaya, Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua Tim Penggerak PKK Rosmaida Darma Wijaya dan Ketua GOPTKI Zetara Adlin Tambunan serta seluruh Asisten, tenaga ahli, Kepala OPD dan jajaran terkait.
Sebelum berbelanja, Bupati berpesan kepada para ASN bahwa gerakan ini sengaja disusun untuk membantu perekonomian pedagang yang anjlok ditengah pandemi Covid-19.
“Yang paling terdampak dari pandemi Covid-19 adalah para pedagang dan pelaku UMKM. Untuk itu kita diminta setiap hari berbelanja di daerah Sergai, tidak hanya hari ini,”ungkapnya.
Bupati juga berpesan agar para ASN membantu membangkitkan dan menggerakkan roda perekonomian dengan cara berbelanja bahan pokok di pasar tradisional
“Kehadiran kita harus memberikan manfaat kepada para pedagang yang mengharapkan agar kita tinggal dan belanja disini,”jelasnya.
Ia juga berharap agar pasar tradisional disetiap Kecamatan juga dikunjungi setiap ASN sesuai dengan tempat tinggalnya masing-masing.
“Kita harus lebih mencintai produk lokal, hasil petani dan nelayan kita sendiri,”tandasnya.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Rosmaida Saragih mengaku dirinya senang berbelanja di pasar tradisional sebab bahan pokok yang dicari lengkap dan masih segar.
“Saya dan ibu ketua GOPTKI sengaja berbelanja disini karena bahan makanannya segar-segar. Ikan dan sayurannya masih segar dan ini hasil dari tangkapan dan hasil tani warga kita,”ungkapnya.
Istri Bupati Darma Wijaya ini pun mengaku pada hari ini ingin memasak masakan kesukaan Bupati, yakni Ikan Teri Jos (Teri Sambal).
Sementara itu istri dari Wakil Bupati Zetara Aini Adlin Tambunan mengaku hari ini akan memasak telur sambal. Sebab tadi Wakil Bupati Adlin Tambunan berpesan agar ia berbelanja telur untuk masak telur sambal.
“Masak telur sambal, itu pesan bapak tadi,”ujarnya.
Usai berbelanja, Bupati dan rombongan juga singgah di pasar bengkel untuk membeli dodol khas Kabupaten ini.
Ia membeli 5 Kilogram dodol, manisan buah serta makanan ringan yang dijual di pasar bengkel.
Disini, mantan Wakil Bupati mengaku bahwa pihaknya akan menyiapkan stand di areal rest area jalan tol Kecamatan Teluk Mengkudu.
“Untuk UMKM pasar bengkel kita akan sediakan stand di rest area. Kita sudah minta Kadis Perindag untuk mempersiapkannya,”tambah Bupati.(Zn)