TEBINGTINGGI-SR
          Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur H Musa Rajekshah membuka secara resmi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 48 Tahun 2019 dalam rangka hari jadi Provinsi Sumatera Utara, Jum’at (8/3) lalu, di Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Kota Medan.

Pekan Raya Sumatera Utara yang digelar mulai tanggal 8 Maret hingga 8 April 2019 merupakan pameran tahunan terbesar dan paling meriah serta kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara yang menampilkan berbagai lomba, pameran pariwisata, pameran produk lokal, konser musik, malam budaya dan karnaval dari seluruh kabupaten/kota se Provinsi Sumut.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumatera Utara mengatakan bahwa kegiatan PRSU ini adalah merupakan acara kebanggaan, dan hajatan yang selalu ditunggu-tunggu oleh rakyat Sumut. “Acara ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sumut, saya yakin rakyat dan anak Sumut sangat mendambakan kegiatan seperti ini. Dan untuk yang akan datang harus bisa 4-5 kali lebih baik dari saat ini, tidak boleh dibuat main-main,” ujar Edy Rahmayadi.

Wali Kota Tebing Tinggi diwakili Sekdako H Marapusuk Siregar yang turut menghadiri malam pembukaan PRSU bersama seluruh kepala daerah di Sumatera Utara, usai mengikuti acara pembukaan menyempatkan diri berkumpul bersama para pimpinan OPD sejajaran pemko Tebing Tinggi sekaligus meninjau stand paviliun Pemko Tebing Tinggi yang menampilkan berbagai produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat Kota Tebing Tinggi dibawah binaan Dekranasda dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tebing Tinggi.

          Bermacam produk unggulan daerah ditampilkan pada stand pavilion PRSU milik Pemko Tebing Tinggi, mulai dari produk-produk usaha kecil menengah, hasil kerajinan (craft), souvenir dan furniture, aneka produk makanan dan minuman, produk industry pabrik karet (getah) serta hasil produk kampong organic dan salah satu produk yang menjadi kebanggaan Kota Tebing Tinggi adalah industry batik yang menampilkan ciri khas Kota Tebing Tinggi.

Sekdako H Marapusuk Siregar dalam kesempatan itu meminta agar pavilion PRSU milik Pemerintah Kota Tebing Tinggi dapat tampil lebih baik dan menarik dengan melakukan inovasi-inovasi agar pavilion milik pemko Tebing Tinggi ini ramai dikunjungi warga saat berlangsungnya Pekan Raya Sumatera Utara yang akan berlangsung hingga 8 April mendatang.

“Saya berharap kedepannya harus bisa untuk jauh lebih baik lagi, selain menampilkan aneka produk unggulan daerah, saya juga meminta kepada Kadis Perdagangan agar menata kembali pavilion PRSU Tebing Tinggi dengan menampilkan berbagai prestasi yang telah diraih Wali Kota Tebing Tinggi selama ini seperti penghargaan-penghargaan yang sudah diperoleh khususnya ditingkat nasional,” katanya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyati menyampaikan, bahwa terkait kegiatan festival batik yang akan digelar di tahun 2019 ini, dirinya meminta agar mencari kader-kader batik baru agar bisa lebih dikembangkan lagi, minimal harus memiliki sentra-sentra batik di setiap kecamatan. “Minimal satu kecamatan memiliki satu sentra batik,” pintanya.

Tampak hadir jajaran Pemerintah Kota Tebing Tinggi antara lain, Kadis Perdagangan Gul Bakhri Siregar, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Iboy Hutapea, Staf Ahli Syahnan Hasibuan, Kepala Bappeda H Erwin Suheri Damanik, Kabag Ekbang Zahidin, Kabag Humas PP Pemko H Abdul Halim Purba, Wakil Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita, Camat dan Lurah se Kota Tebing Tinggi. (BD01)