SERGAI-SR

Sebanyak 486 orang dari Desa/Kelurahan se-Sergai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Petugas Satlinmas yang diselenggarakan Sat Pol PP Kab Sergai Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan tugas kita dapat terbantu oleh Satlinmas khususnya pengamanan Pemilu pada tahun 2019 mendatang.  Demikian dikatakan Kasat Pol PP Kab Sergai Drs. Fajar Simbolon M.Si kepada M24 Selasa (18/12) dilokasi kegiatan objek wisata Pantai Wong Rame Desa Kota Pari, Kec Pantai Cermin.

“ Di Sergai ada sebanyak 4.131 orang anggota Satlinmas,  yang terbagi dalam desa dan kelurahan masing-masing sebanyak 17 personil. Selain pengamanan Satlinmas juga akan di bekali dengan kemampuan melanyani masyarakat yang kurang sehat atau disabilitas untuk mempermudah mereka dalam menyalurkan suaranya” papar Fajar Simbolon.

Dikatakan Fajar Simbolon lagi kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Satlinmas khususnya untuk menyelenggarakan perlindungan,  ketahanan,  ketentraman,  ketertiban umum di desa dan di kelurahan masing-masing.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan itu menyampaikan bahwa terdapat tiga tertib yang harus Linmas ketahui, yang pertama adalah tertib administrasi, tertib surat-surat tugas, kartu identitas ataupun peraturan dan tugas pokok serta fungsi sebagai Linmas.

Sebagai petugas yang melindungi masyarakat dalam bertugas haruslah turut dalam mengembangkan potensi masyarakat di sekitarnya dan Linmas berperan aktif di masyarakat.  Linmas juga harus tertib program dan memahami program-program yang ada dan tertib pertanggungjawaban.

Jika ketiga  ketertiban ini dilaksanakan oleh seorang Linmas, maka hal ini merupakan Linmas yang Paten atau Jempol dan kepada Kasatpol PP Sergai,   jika ada kontes Linmas se-Indonesia, diharapkan Linmas Sergai harus ditampilkan dan ditonjolkan.

Terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu), di Kabupaten Sergai mulai tahun 2005 sampai saat ini,  kita telah  melakukan Pemilu sebanyak 7 kali dan 3 kali Pilkades. Hajatan pesta demokrasi ini sering menyebabkan terjadinya gesekan dan konflik. Oleh karenanya Sergai sudah 10 kali menyelenggarakan Pemilu, maka itu merupakan sumber konflik yang harus kita lindungi.

Untuk itu anggota Linmas harus reaksi cepat melihat kondisi yang disebabkan Pemilu,  Linmas juga harus mampu menangani beragam permasalahan yang terjadi di masyarakat. Seorang Linmas harus menjadi Linmas yang bersaudara,  sebab betapa pentingnya persaudaraan dan kekompakan  diantara kita. Papar Soekirman

Kegiatan yang dihadiri  Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Muhsin, Dandim 0204/DS Letkol Samsul Arifin, Wakapolres Sergai Kompol Henri Ritson Sibarani, SE, Kepala Basarnas,  Kabid Linmas Provinsi Sumut, Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya,  Ketua Bawaslu Sergai,  Kepala OPD, Camat se-Sergai serta ratusan peserta itu dilanjutkan dengan pemberian materi.(BD01)