SR-SERGAI   Pada puncak gebyar  Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-14 Tahun 2018, yang jatuh Minggu (7/1) dilaksanakan sidang paripurna istimewa bertempat di gedung DPRD Sergai di Sei Rampah.

            Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-14 tahun 2018 merupakan tahun ketiga pasangan H. Soekirman dengan Darma Wijaya melaksanakan amanah menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, sudah sepatutnya kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena daerah kita dalam keadaan aman dan kondusif sehingga diharapkan kita mampu mewujudkan kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

            Sesuai temanya “Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke-14 Kita Tingkatkan Perekonomian Desa” diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian desa di Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan pemanfaatan secara optimal potensi desa melalui lembaga-lembaga perekonomian desa seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi desa sehingga masyarakat yang sejahtera dapat kita wujudkan, kata Bupati.

            Bupati Soekirman juga mengucapkan rasa syukurnya karena dari tahun ketahun kesejahteraan masyarakat Sergai terus meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan beberapa indikator makro ekonomi seperti meningkatnya Produk Domestik Regional  Bruto (PDRB) dan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sergai PDRB  Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) sebesar Rp. 20.166,1 Trilyun Rupiah pada tahun 2015 meningkat menjadi Rp. 22.113,8 Trilyun Rupiah pada tahun 2016. Demikian juga untuk IPM mengalami peningkatan yaitu dari 68,01 pada tahun 2015 meningkat menjadi 68,77 pada tahun 2016.

         Dimeriahkan oleh Pelawak Kondang dan Penyanyi Jebolan D’Academy

            Sebelumnya pada Sabtu (6/1) malam, bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, ribuan masyarakat dan pejabat jajaran Pemkab Sergai menghadiri malam pucak gebyar hari jadi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke-14 tahun 2018.

Acara semakin meriah dengan dipandu oleh MC kocak Ipda Nanang dan Aipda Mira dari Ditlantas Polda Sumut. Selain menghadirkan artis pelawak kondang nasional Tarzan, Kadir dan Polo yang membuat penonton terbahak-bahak, selanjutnya Deswa dan Duo Mus, artis dangdut Sergai jebolan D’Academy mengajak masyarakat bergoyang dangdut.

Bupati Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya Mengemukakan bahwa ulang tahun yang ke 14 ini kita sudah semakin remaja dan dewasa.

Dikatakannya, hari ini kita bersama-sama bersatu padu denga produk-produk unggulan desa, kita harapkan bangkit dan menunjukkan keunggulannya sejalan dengan desentralisasi anggaran sehingga bisa mengatur keuangan desa sendiri. Oleh karenanya meskipun mungkin kita dari desa atau kampung, namun prestasi dan mutu kita bukanlah kampungan, katanya.

“Kami berterima kasih kepada semua unsur masyarakat dan diharapkan solusi serta kerja nyata dalam mewujudkan pembangunan agar kabupaten ini semakin hari dapat menunjukkan kualitas dan keunggulannya. Dengan hiburan yang mendatangkan pelawak Nasional Tarzan, Kadir dan Polo, diharapkan dapat menghibur masyarakat Sergai pada umumnya, karena perayaan ini dilaksanakan dengan sederhana namun bermakna,”tutur Bupati Soekirman.( BD01)