SERGAI, SR – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tanggal 17 Agustus 2017 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dipusatkan di Lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kamis (17/8) berlangsung khidmat dan diwarnai dengan berbagai hiburan diantaranya atraksi polisi cilik binaan Polres Sergai, Marching Band dari SMPN 1 Sei Bamban, Tari Kolosal dan pertunjukan teater dari SMPN 1 Pantai Cermin serta hiburan lainnya dari beberapa sekolah di Sergai.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Komandan Upacara (Danup) Kapten Arhanut Liston Benedi Situmeang serta Perwira Upacara Kapten Inf. Samson.  Sebelumnya, Kamis dini hari sekira pukul 00.00 WIB digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka HUT RI ke-72 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati sekaligus mengenang jasa para pahlawan terdahulu.

Apel tersebut dipimpin oleh Irup Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH dan Perwira Upacara Iptu M. Pandiangan berlangsung tertib dan khidmat. Dalam pembacaan teks AKRS, disampaikan  penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara. Apel ini dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, unsur Forkopimda, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para pejabat Pemkab Sergai, aparat TNI/POLRI, Ormas dan OKP serta pelajar dan perwakilan pramuka Kabupaten Sergai

Usai melaksanakan peringatan detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih, jajaran Pemkab Sergai menggelar acara syukuran dan Temu Ramah Antar generasi untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah  Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa peringatan HUT RI setiap tahunnya merupakan momen yang sangat berharga dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Begitupun dengan kegiatan hari ini yang merupakan wadah temu ramah antar generasi dengan para pejuang yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga sebagai perwujudan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan RI yang sudah dinikmati selama 72 tahun dari berbagai generasi yang ada di Sergai.

Lebih lanjut dikemukakan Bupati Soekirman dengan tema peringatan HUT kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 adalah“Kerja Bersama” . Melalui peringatan ini pemerintah berharap seluruh lapisan masyarakat Indonesia kerja bersama dan bergotong royong dalam membangun bangsa. Begitupun dengan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat bahwa peringatan HUT kemerdekaan RI ke-72 ini juga merupakan momentum untuk semakin meningkatkan kerjasama dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sergai, paparnya( BD01)