Bupati Ir. H. Soekirman Ajak Umat Perkuat Toleransi dalam Kemajemukan Beragama

NN-SERGAI Dalam Perayaan Natal Oikumene Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2016 ini Bupati Ir. H. Soekirman menekankan pentingnya kerukunan antara umat beragama yang bisa semakin memperkuat keutuhan dan ketahanan bangsa Indonesia. Sesuai Sub Tema Perayaan Natal Nasional tahun ini mengangkat tema “Semangat Natal Memanggil Kita Untuk Meningkatkan Iman Dalam Rangka Mewujudkan Kebersamaan Masyarakat Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif, dan Bertanggungjawab”.

Menurut Soekirman, tema ini sangat relevan ditengah-tengah kondisi demokrasi di tanah air yang akhir-akhir ini telah terjadi berbagai riak yang berkaitan dengan isu SARA yang meragukan dan memperkecil harkat dan martabat kemanusiaan yang selama ini telah diajarkan dalam setiap agama bagi pemeluknya.

Melalui momentum perayaan Natal ini, tidak hanya mengingatkan umat Kristiani untuk selalu bersyukur, tetapi juga sekaligus mengingatkan akan nilai-nilai universal setiap ajaran agama yaitu hidup secara harmonis, saling pengertian dan membangun kebersamaan.

Perayaan Natal Oikumene yang diikuti dari seluruh pendeta maupun tiga ribuan jemaat dari Denominasi Gereja se- Kabupaten Sergai dilaksanakan di halaman Yapim Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, Minggu (18/12). Turut dihadiri Wabup Darma Wijaya, anggota DPRD Sergai, para Kepala SKPD, Kabag Humas Benny Saragih, Kabag Kessos Drs. Nasrul Azis Siregar, Camat Tebing Tinggi dan Camat Sei Bamban dan para undangan. Iringan lagu-lagu pujian Natal, Pembacaan Liturgi, penyerahan hadiah kepada pemenang Pesparawi menjadi puncak rangkaian perayaan Natal Oikumene tahun ini.

Dikatakan Ketua Umum Panitia Natal Ronald Lumbangaol merupakan poin penting di tengah upaya bersama membangun umat beragama, agar tetap hidup dalam damai, rukun dalam cinta kasih, dan sejahtera dalam kepedulian serta kebersamaan. Sesuai Tema Perayaan Natal Nasional tahun ini yang mengangkat dari Nats Alkitab Lukas 2:11 ” Hari ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat, Yaitu Yesus Kristus, Tuhan di Kota Daud”. Dalam renungan rohaninya Pdt. Agustinus P.Purba, S.Th. mengajak Umat Kristiani yang selalu merayakan Natal harus sanggup menghadapi segala tantangan, tidak pernah mengeluh terhadap hal-hal yang terjadi, sebab dia tahu perintah Allah itu selalu mendapatkan penyertaan.

(DR-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here