SERGAI-SR
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman membeberkan permasalahan yang ada di pulai berhala kepada Anggota Komisi III DPR RI M. Husni saat kunker ke Kab Sergai Selasa (10/3)
Pulau Berhala kata Soekirman, kurang memadai, kedua kondisi fisik dermaga di Pulau Berhala sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak atau rusak berat dan yang ketiga kondisi pelabuhan dan dermaga di Tanjung Beringin kurang layak, keempat pendangkalan akibat sedimentasi yang cukup tinggi di pelabuhan atau dermaga Tanjung Beringin, dan yang kelima sarana transportasi laut yang tidak memadai, sarana air bersih yang kurang memadai lampu penerangan dan sumber listrik yang  juga kurang memadai.
Begitu juga kondisi sarana prasarana konservasi penyu perlu direhabilitasi serta tidak adanya fasilitas komunikasi atau internet dan yang terakhir peningkatan kualitas SDM perbatasan wawasan bela Negara.
Jika Pulau Berhala mempunyai banyak potensi yang bisa lebih dimaksimalkan. Dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 12 tahun 2006 tentang pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan Eco Marine Tourism atau wisata bahari berwawasan lingkungan, karena selain  memiliki prospek pariwisata Pulau Berhala juga punya potensi perikanan pariwisata konservasi dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Papar Soekirman lagi.
Begitu juga dikatakan Wabup H Darma Wijaya  Pulau Berhala memiliki keragaman yang sangat unik, “ saya secara pribadi berkunjung dan bermalam di sana mendapatkan hal-hal yang sangat menarik, mulai dari hal mistis hingga melihat angin puting beliung yang mengelilingi pulau berhala, kesemua itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan.
 Anggota DPR RI Komisi III H M Husni, SE, MM mengtaman Jika pemerintah daerah dengan pemerintah pusat bersinergi maka apa yang berat akan menjadi ringan dan apa yang dirasa sulit maka akan menjadi mudah.
Pulau Berhala merupakan pulau terluar dari Provinsi Sumut, khususnya Kabupaten Sergai.
Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Berhala, sebab tempat ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. “ Untuk itu jika kita bekerja, bersinergi semua memberikan apresiasi dan dukungan mudah mudahan apa yang menjadi cita-cita masyarakat Sergai menjadi cepat terwujud.
Terkait dengan pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan akan di pusatkan  di Pulau Berhala ini merupakan suatu kerja yang cukup luar biasa dari Pemkab Sergai dan Provinsi Sumut. Jika kita berhasil dalam membangun Pulau Berhala, hal ini merupakan buah tangan yang kita tinggalkan untuk anak cucu para generasi penerus bangsa. Tutup M Husni.(BD01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here