SERGAI-SR
Puluhan sekolah mulai tingkat SD dan SMP meraih penghargaan kategori penilaian meliputi inovasi tata laksana manajerial sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, administrasi pembelajaran, penataan lingkungan serta pelaksanaan literasi di sekolah,  Sabtu malam (7/12) di  Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin.
Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM mengatakan apa yang  kita buat hari ini adalah cerminan kegiatan yang sama kita lakukan tahun lalu, memberikan penghargaan kepada sekolah yang berinovasi. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah sebagai bentuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.
Banyak orang menilai, apa yang telah dibuat oleh Dinas Pendidikan selama ini? Memang apa yang telah kami lakukan selama ini masih jauh dari sempurna seperti halnya kegiatan malam ini, untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan agar menjadikan hasil yang lebih baik lagi. Papar Joni.
 Prestasi-prestasi yang telah dan akan kita raih pada malam ini bukan hanya mimpi semata, maka saya katakan bahwa semua ini murni untuk pembangunan pendidikan di Kabupaten Sergai.
Sebelumnya  Bupati Sergai Ir H Soekirman mengapresiasi atas digelarnya Malam Inovasi Pendidikan pada malam ini yang telah memasuki tahun kedua.
Dengan banyaknya yang hadir serta gemerlap cahaya lampu yang semarak, secara kasat mata, Dinas Pendidikan sudah move on, dengan banyaknya sinar gemerlap yang artinya sudah ada perubahan yang dimulai dari guru yang tanpa mereka tidak mungkin ada perubahan seperti ini.
 Agar tidak  minder ada yang menulis di medsos ada guru di Sergai yang jadi “sundel bolong”. Juga ada guru yang mengecat sekolah sendiri agar menghemat pengeluaran.
Artinya bukan hanya di Sergai saja guru itu sambilan kerja yang lain untuk mencari nafkah, namun juga dibanyak daerah hal yang sama terjadi.
Bahwa dengan mencari penghasilan tambahan menunjukkan usaha seorang pahlawan tanpa tanda jasa untuk mencari tambahan guna kesejahteraan guru.
Soekirman berpesan  kepada semua guru-guru saya, kami bangga dengan kalian, dengan kreativitas dan inovasi kalian, jangan minder karena apa yang telah kalian lakukan adalah kebanggaan bagi kami semua.(BD01)