SERGAI-SR

Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terhadap pengelolaan keuangan daerah di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumut Jalan Imam Bonjol Medan.

Opini WTP ini langsung diberikan oleh Kepala BPK Perwakilan Provsu Vincentia  Moli Ambar Wahyuni, M.M.Ak, kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama dengan kepala daerah dari delapan kabupaten/kota se-Sumut seperti Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Kota Gunung Sitoli, Kota Sibolga, Tebing Tinggi, Dairi dan Deli Serdang. Demikian dikatakan Kadis Kominfo Kab Sergai H.Ikhsan AP  Rabu (8/5).

Disela-sela kegiatan Pimpinan-Anggota V BPK RI Isma Yatun kata  mengatakan sesuai peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah, salah satu hal penting yang diatur adalah kewajiban kepala daerah menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa BPK.

Isma Yatun menambahkan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan bertujuan memberikan opini atas LKPD, sedangkan opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan  efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Usai menerima penghargaan  Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat itu mengatakan bahwa penghargaan Opini WTP ini merupakan yang pertama kalinya dalam kepemimpinan Soekirman _ Darma Wijaya. Oleh karenanya, melalui penghargaan ini kita patut bersyukur karena ini merupakan suatu keberhasilan dalam birokrasi Pemkab Sergai atas kerja keras kita bersama

“Ini merupakan opini WTP yang pertama selama tahun 2019 dan kalau di sejarah Kabupaten Sergai ini opini WTP kedua yang pernah kita terima, sebelumnya  yang pertama pada tahun 2014. Oleh karena itu apa yang sudah  kita raih kiranya dapat dipertahankan dengan tertib administrasi program dan pertanggungjawaban,” ujar Soekirman.( BD01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here