SERGAI-SR

Bangsa Indonesia baru saja melewati puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu), dilihat dari sudut pandang pendidikan di dalam pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara, proses belajar ini adalah momentum menuju perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy (dibacakan oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman) pada Peringatan Hardiknas Tahun 2019  di SMPN 1 Pegajahan Kecamatan Pegajahan Kamis 2 Mei 2019

Kecukupan infrastruktur adalah prasyarat untuk menjadi negara maju. Disamping pembangunan infrastruktur, pemerintahan juga memulai pembangunan dari pinggiran. Dengan terbangunnya infrastruktur khususnya transportasi dan komunikasi, konektivitas seluruh wilayah indonesia dapat diwujudkan. Dalam rangka mewujudkan kebijakan tersebut di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal. Bahkan Kemendikbud memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara.

Sebelumnya  Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM mengatakan Rangkaian pagelaran budaya sesuai tema hari pendidikan tahun ini menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan. Ini merupakan kewajiban kita, walau budaya tidak termasuk dalam ranah dinas pendidikan, namun hal ini juga merupakan tanggung jawab kita yang tidak dapat terpisahkan sebab kami sebagai wadah pendidikan adalah siap melestarikan budaya.

Seperti halnya Bupati, Kepala OPD dan  jajaran Dinas Pendidikan mengenakan pakaian adat masing-masing pada upacara Hardiknas ini, serta berbagai tarian dan atraksi pencak silat yang kita sajikan tadi adalah upaya pelestarian yang kita lakukan seperti halnya pertunjukan wayang kulit oleh dalang cilik lokal M. Ardiansyah berkolaborasi dengan Ki Permadi dari Yogyakarta serta Bupati Sergai Ir H Soekirman.( BD01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here