SEI RAMPAH-SR

 Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa Forum Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) berperan sebagai lembaga dalam mengelola perencanaan pembangunan partisipatif, mengembangkan bentuk-bentuk kegiatan kerjasama antar desa, menumbuhkan usaha-usaha pengelolaan aset produktif serta mengembangkan kemampuan pengelolaan program pengembangan masyarakat. Ucapnya saat melepas Lepas Rombongan Studi Tiru Forum BKAD Sergai Selasa (15/1)

Dikatakan Bupati bahwa BKAD dibentuk berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan selanjutnya diatur dalam Permendagri nomor 96 tahun 2017 tentang Kerjasama Antar Desa. Sedangkan bidang-bidang yang dapat dikerjasamakan adalah peningkatan perekonomian masyarakat desa, peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, pemanfaatan sumberdaya alam dan kelestarian lingkungan serta sosial budaya.

Bupati Soekirman menjelaskan bahwa tujuan dari keberangkatan BKAD menuju ke Kabupaten Agam dan Kota Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat agar perjalanan jauh yang akan ditempuh dapat menghasilkan inovasi-inovasi bagi penguatan kelembagaan, peningkatan kualitas peran dan fungsi BKAD sebagai wadah pemberdayaan serta penyaluran aspirasi masyarakat peduli pembangunan perdesaan. Sehingga pulang dari menuntut ilmu dapat memberi manfaat dan berkah bagi masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada para peserta studi tiru untuk menjaga nama baik Kabupaten Sergai serta mengembangkan sekaligus memperkenalkan budaya yang baik dalam kehidupan sehari-hari serta dapat membawa pulang ATM  yaitu Amati apa yang ada disana, Tiru apa saja yang bisa memajukan kabupaten kita dan Modifikasi apa yang sudah kita dapatkan agar menjadi lebih baik lagi, pungkas Soekirman.(BD01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here