SR-SERGAI  Sergai Saat ini menjadi pilihan banyak daerah untuk dikunjungi. Saya merasa bangga karena seribu teman masih terasa sedikit. Untuk itu diharapkan kunjungan ini semakin memperbanyak teman baik dari daerah maupun luar daerah. Mudah-mudahan kunjungan ini nantinya akan memperpanjang silaturahmi serta saling menguntungkan ketiga belah pihak.

Dimikian dikatakan Bupati Sergai Ir. H, Soekirman  saat menyambut Kunker TP PKK Pesawaran Lampung dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) Labuhan Batu Ke Sergai Jumat (14/9) di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai.

Dijelaskan Soekirman didalam urusan wajib pemerintah yang menjadi ukuran keberhasilan pemimpinnya, termasuk urusan pemberdayaan perempuan, lingkungan dan anak menjadi satu diantara 10 urusan wajib pemerintah tersebut. oleh karenanya dengan aktifnya PKK dan Dekranasda menjadi tantangan baru pada era revolusi industri 4.0 yang lebih mengarah kepada ekonomi kreatif era digital.

Sedangkan tantangannya lanjut Bupati, agar bagaimana kita dapat menciptakan ide dan inovasi yang kreatif dengan tidak merusak alam, lingkungan serta merugikan pihak lain namun menghasilkan keuntungan yang besar.

Begitu juga dikatakan   Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman menjelaskan potensi pariwisata seperti pantai cukup banyak dan telah dikenal secara nasional. Sementara pusat jajanan dan kreasi UKM juga menjadi unggulan daerah serta diapresiasi dengan raihan penghargaan pada ajang INACRAFT berkat pembinaan UKM yang serius dan berkesinambungan dari pemerintah daerah. Heterogennya Sergai karena berbaurnya beragam suku dan hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Sebelumnya  Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE  mengatakan kegiatannya untuk  mempelajari tentang  cara pengembangan dan pemasaran produk hasil kerajinan sehingga dapat kami aplikasikan guna meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan menjadi bekal dalam mensosialisasikan untuk menggiatkan program wirausaha yang bertujuan meningkatan perekonomian daerah

Begitujuga dikatakan Ketua Dekranasda Kabupaten Labuhan Batu Hj. Rosmanidar Hasibuan bahwa Kabupaten Sergai dipilih karena merupakan kabupaten yang hasil kerajinannya sudah cukup baik dan dikenal hingga cakupan nasional. Selain itu maksud kunjungan ini adalah untuk menjalin kerjasama dibidang peningkatan kualitas pemasaran serta saling bertukar ilmu pengetahuan dalam rangka peningkatan UKM guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil dari kunjungan ini akan kami aplikasikan di daerah kami dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kerajinan UKM.( BD01)