SR-SERGAI Jajaran Pemerintah kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama unsur Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) melaksanakan upacara untuk memperingatai Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Sabtu (28/10) pagi.

            Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi yang dibacakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa kita patut bersyukur atas sumbangsih para Pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda, maka sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.

            Bandingkan dengan era sekarang, har ini sarana transportasi umum sangat mudah. Untuk menjangkau ujung timur dan barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja. Untuk dapat berkomunikasi dengan pemuda di pelosok-pelosok negeri ini, cukup dengan menggunakan alat komunikasi tidak perlu menunggu datangnya pos sehingga berbulan-bulan lamanya. Interaksi sosial dapat dilakukan 24 jam kapanpun dan dimanapun, kata Menpora.

            Dikatakan Menpora, bahwa dalam sebuah kesempatan Presiden RI yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air tapi ini bukan tujuan akhir.

            Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.( BD01)