Sergai.com, Sumatera Utara, Gubernur Sumut, Tengku Erry, Surabaya : Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar telah resmi menyandang gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) dari Universitas Negeri Airlangga (Unair) Surabaya.

‘’Selamat meraih Doktor (HC) Cak Imin atau Gus Imin (panggilan Muhaimin Iskandar-red),’’ ucap Tengku Erry saat menghadiri prosesi pengukuhan dan pemberian gelar Dr HC tersebut di Aula Garuda Mukti Gedung Rektorat Unair Kampus C, Jl. Mulyorejo, Surabaya, Selasa (3/10/2017).

Usai pengukuhan tersebut, Tengku Erry langsung menyalami dan berselfie berdua dengan Muhaimin Iskandar. Sebelum pengukuhan gelar, Tengku Erry pun tampak berfoto bersama Cak Imin, Menristek Dikti Mohamad Nasir dan Rektor Unair Prof M Nasih.

Dalam acara pengukuhan ini dihadiri pula oleh Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi M. Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Asman Abrur.

Selain itu, hadir antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Sekjen Golkar Idrus Marham, Ketua PBNU Said Aqil Siroj, Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf.

Rektor Unair Surabaya, Muhammad Nasih, mengatakan, Muhaimin tercatat sebagai penerima gelar doktor honoris causa ke-5 di Unair. “Selama 63 tahun berdiri, masih 5 orang yang diberi gelar doktor honoris causa,” katanya.

Karena itu, lanjut Nasih, nomor register doktor honoris causa yang diterima mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu 005. “Ini menunjukkan bahwa Unair tidak mudah memberikan gelar doktor honoris causa kepada seseorang,” ujarnya.

Empat gelar doktor honoris causa sebelumnya diberikan kepada mantan Menteri Luar Negeri Triono Wibowo, mantan Menteri Perekonomian Chaerul Tanjung, Gubernur Jatim Soekarwo, peraih nobel ekonomi 2003 Prof Robert Fry III.

Sementara itu, dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Mengelola Kebhinekaan Untuk Kemajuan Dan Kesejahteraan Bangsa”, Muhaimin mengatakan, multikulturalisme atau kebhinekaan tidak bisa tumbuh tanpa campur tangan semua elemen bangsa, seperti partai politik, negara, dan masyarakat.

Kebhinekaan, lanjut dia, harus dimaknai sebagai energi positif untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa, bukan menjadi penghambat kemajuan bangsa. “Karena itu, perlu sentuhan dunia pendidikan untuk mengelola kemajemukan bangsa sebagai anugerah dari Tuhan,” ucap Muhaimin.

Selain karangan bunga dari Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, juga terlihat karangan bunga dikirim Presiden Joko Widodo dan keluarga, Wapres Jusuf Kalla beserta ibu Mufidah Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan lainnya.

Nusantaranews.co.id, Sumatera Utara, Ketua TP PKK , Hj Evi Diana Erry Nuradi, Jakarta
Nusantaranews.co.id, Sumatera Utara, Ketua TP PKK , Hj Evi Diana Erry Nuradi, Jakarta

Sumut Sabet 4 Juara Lomba
Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional

Sergai.com, Sumatera Utara, Ketua TP PKK , Hj Evi Diana Erry Nuradi, Jakarta : Sumatera Utara berhasil menyabet beberapa penghargaan berbagai kategori pada kegiatan Lomba Kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tahun 2017.

Penghargaan diterima oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten/kota didampingi Ketua TP PKK Sumatera Utara Hj Evi Diana Erry Nuradi pada puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 di Ancol Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dalam kesempatan itu Sumut berhasi meraih empat penghargaan dari 5 jenis perlombaan yang digelar. Ada pun beberapa penghargaan yang berhasil diraih Sumut adalah Juara I IVA Test yang diraih Kabupaten Asahan, Juara 2 Lomba Hatinya PKK yang dimenangkan oleh Kabupaten Deli Serdang, Juara Harapan 1 Tertib Administrasi PKK oleh Kabupaten Tapanuli Utara dan Juara Harapan 2 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga yang diraih PKK Kabupaten Karo.

Hadir menerima penghargaan pada malam itu Evi Diana Erry Nuradi beserta Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Yunita Ashari Tambunan, Ketua TP PKK Tapanuli Utara Ny Satika Nikson Nababan.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Terdapat lima kategori perlombaan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 yaitu tertib administrasi, pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) , Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Iva Test dan Hatinya PKK. Pada kesempatan itu, dilaksanakan juga pemberian penghargaan Adhi Bhakti bagi anggota TP PKK dan kader PKK yang secara terus menerus aktif dalam pengabdian pada Gerakan PKK selama 25 tahun, 15 tahun dan 10 tahun.

Ketua TP PKK Sumut Hj Evi Diana mengungkapkan terima kasih kepada PKK Kabupaten/kota yang sudah bekerja keras sehingga berhasil meraih penghargaan. Menurutnya penghargaan yang diraih merupakan hasil kerjasama yang baik antara PKK provinsi dan kabupaten/kota. “Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Tim Penggerak PKK di Sumut untuk dapat terus berusaha menjadi lebih baik lagi mendukung program pembangunan mensejahterakan keluarga,”kata Evi Diana.

Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK dan Jambore Nasional dilaksanakan pada tanggal 2-4 Oktober 2017 yang diikuti 1.700 kader PKK. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri pembukaan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK2017 di Ancol Jakarta, Senin malam.

Ketua Umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, mengatakan tema kegiatan peringatan kesatuan gerak PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 adalah budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia Sejahtera.

Kegiatan lain Parade Nusantara yang diikuti 34 provinsi yang menampilkan keragaman budaya adat, keserasian tim, kreativitas dan dinamika tim, keserasian yel-yel dan lainnya. Selain itu, juga digelar pameran produksi dalam negeri yang diikuti seluruh provinsi dan pelaku usaha di sekitar Jabodetabek.

(BD04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here