Tebing Tinggi, SR – Sebagai bentuk keseriusannya dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes RI melaksanakan program akreditasi Puskesmas yang bertujuan meningkatkan akses fasilitas pelayanan kesehatan, juga berkomitmen dalam peningkatan kualitas fasilitas pelayanan kesehatan bertempat di RM Bagelen Tebing Tinggi, Rabu (2/8) malam.

Acara yang dikemas dalam temu ramah tamah dan silaturrahmi dihadiri Wabup Sergai Darma Wijaya, Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM dan Gayo Melkior Gultom, SH, M.Kes, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes beserta jajaran, para Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas dan tenaga Kesehatan se-Sergai.

Disela-sela temu ramah Wabup Darma Wijaya mengemukakan bahwa pelaksanaan survey akreditasi Puskesmas di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini direncanakan pada 3 Agustus 2017 bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin dan Puskesmas Dolok Merawan dengan hasil yang baik dan memenuhi persyaratan. Oleh karenanya hal ini menjadi tonggak awal puskesmas terakreditasi di Sergai.

Disampaikan Wabup Sergai bahwa akreditasi adalah kemauan dari kita semua, meski banyak kendala yang dihadapi dan yang paling mendasar adalah faktor kemauan dan kedisplinan. Akan tetapi kita harus menanamkan rasa memiliki kewajiban untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, katanya.

Diakhir sambutannya Darma Wijaya berpesan kepada jajaran Dinas Kesehatan untuk terus semangat dan terus berjuang karena keberhasilan yang didapat nantinya adalah bentuk kesungguhan dan bakti kita kepada masyarakat sebagai bentuk menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat, pungkas Wabup Sergai.

Sebelumnya Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit dalam sambutannya mengatakan rasa hormat atas kehadiran Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI. Malam ini adalah sebagai bentuk sambutan dan kesiapan seluruh puskesmas di Sergai dalam hal pelaksanaan survey akreditasi yang akan dilakukan nantinya.

Lebih lanjut disampaikan Kadis Kesehatan bahwa acara malam ini bertujuan menjalin silaturahmi sekaligus penguatan komitmen bersama Pemkab Sergai agar seluruh puskesmas dapat terakreditasi dengan hasil yang memuaskan. Untuk Sergai sendiri saat ini memiliki 20 Puskesmas dengan perincian 5 Puskesmas rawat inap dan 15 lagi non rawat inap.

Oleh karenanya Kadis Kesehatan mengharapkan dukungan dari masyarakat Sergai karena untuk tahun ini ditargetkan 6 Puskesmas yang terakreditasi. Sementara di 2018 kami targetkan 7 Puskesmas terakreditasi dan 7 Puskesmas lagi akan rampung terakreditasi di tahun 2019, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM dalam sambutannya mengutarakan bahwa manfaat akreditasi bagi masyarakat adalah meningkatkan tata kelola Puskesmas dalam penyelenggaraan upaya Kesehatan masyarakat serta mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Dikatakannya, tim akan melaksanakan tugasnya selama 3 (tiga) hari dimulai hari ini hingga tanggal 4 Agustus 2017 dengan target penilaian pada telusur sistem Admen (Administrasi Manajemen), Usaha Kesehatan Perorangan (UKP), Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) termasuk didalamnya wawancara dengan pimpinan, telusur dan wawancara dengan tokoh masyarakat, peninjauan lapangan jika ada kegiatan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), keliling Puskesmas, pemeriksaan fasilitas serta penyusunan laporan dengan rapat internal surveyor.

Diharapkan agar segala aspek yang dinilai dapat dipenuhi dan dipersiapkan dengan baik guna memenuhi harapan terakreditasnya Puskesmas yang dinilai, tukas Amin.

(BD04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here