SR, Dolok MasihulBupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan kegiatan Expedisi Pendidikan dan Inovasi (Xpansi) dengan mengendarai sepeda motor trail untuk meninjau kondisi infrastruktur pendidikan di daerah terpencil dan arung jeram sebagai olah raga wisata sekaligus melihat kondisi alam.

Kegiatan dimulai dari SMPN 1 Dolok Masihul dan finish di Ancol Arung Jeram Kecamatan Sipispis, Selasa (23/5).

Selain Bupati Sergai, ikut serta juga Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres AKBP Eko Suprihanto, SIK, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Hasbullan Hadi Damanik, SE, Kadis Kominfo Ikhsan AP, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor, Ketua KPUD Drs. Suriadi, Kepala BNNK Drs. Adlin Tambunan, Camat Dolok Masihul M. Syarif Sitopu, Camat Sipispis Sudarno, S.Sos, Muspika, Kades Buluh Duri Dewi Yanti Purba, Kepala UPT dan Kepala SD/SMP/SMA/SMK se-Sergai.

Disela-sela kegiatan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa kegiatan touring hari ini menggabungkan olah raga ekstrim dengan pendidikan cinta kepada pelestarian alam. Ini merupakan salah satu inovasi untuk mendukung visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa perjalanan ini untuk memotivasi masyarakat agar lebih kerja keras. Sedangkan secara keseluruhan tujuan kegiatan ini adalah jajaran pemerintahan ingin mendorong  sekaligus meningkatkan kapasitas manusia dalam hal ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Seperti yang ketahui bersama bahwa IPM Sergai masih lebih rendah dibanding daerah lain seperti Samosir, Karo dan daerah lainnya.

Menyadari hal tersebutlah, laksanakan perjalanan ini untuk dapat meningkatkan dan memberikan motivasi dari segala sektor terutama dunia pendidikan agar lebih meningkatkan prestasi guna membantu mendongkrak naiknya nilai IPM. Melalui dunia pendidikan adalah salah satu jalannya.

“Mari ambil baiknya agar perjalanan kita ini bukan hanya ingin kelihatan keren dan gagah saja, akan tetapi untuk menunjukkan kepedulian kepada dunia pendidikan serta kecintaan kepada kelestarian alam,” ujar Bupati.

Saat meninjau beberapa sekolah Bupati Soekirman berpesan bahwa guru bukanlah orang yang hebat, akan tetapi kita tidak bisa hebat tanpa peran guru.

“Meskipun orang tua kita memang orang kampung, tapi yakinlah keturunannya bukan orang kampungan karena mau belajar dan menghormati mereka. Sekolah yang lingkungannya asri membentuk siswa untuk menjadi insan yang potensial, maka jagalah lingkungan tersebut dengan sebaik-baiknya, jadilah dirimu dan yang terbaik,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM dalam sambutannya  mengatakan bahwa kegiatan hari ini terdiri atas 2 event, yang pertama touring bersepeda motor trail untuk meninjau kondisi infrastruktur dan kondisi dunia pendidikan di daerah-daerah terpencil.

Juga kegiatan arung jeram sebagai olah raga wisata sekaligus melihat kondisi alam agar dapat menambah rasa cinta kepada alam.

“Dengan kegiatan Xpansi hari ini, kita bersatu dengan alam yaitu di darat dan di air dan semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan di Sergai,” ujar Kadis Pendidikan.

Selain itu tujuan touring Xpansi ini untuk mengetahui sekolah-sekolah mana yang sudah baik dan yang mana yang kurang baik. Rute Xpansi dimulai dari SMPN 1 Dolok Masihul, kemudian meninjau SDN 105430 Bongbongan Kecamatan Dolok Masihul, lalu ke SDN 102116 Gunung Pamela Kecamatan Sipispis, SMPN 2 Sipispis, meninjau SMPN 1 Sipispis.

“Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan arung jeram dari Desa Bartong melintasi sungai Bah Bolon sepanjang 12 km dan finish di Pemandian Alam Ancol Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis,” papar Kadis Pendidikan.

Sementara itu Kapolres Sergai dalam sambutannya memberikan apresiasi dan berpesan kepada siswa-siswa di sekolah yang dikunjungi untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan motto safety first.

“Keikutsertaan kami disini sekaligus memberikan pendidikan hukum kepada siswa agar dapat nantinya mengerti dan menaati hukum terutama dalam berlalu lintas. Kemudian yang paling penting untuk selalu menjaga kebersamaan, karena dengan hal seperti ini permasalahan-permasalahan akan dapat kita selesaikan dengan baik,” ujar Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST juga menyambut baik kegiatan ini dan merasakan begitu banyak manfaat yang diambil serta bisa dijadikan sebagai masukan untuk prioritas pembangunan di Kabupaten Sergai.

Legislaif sangat mendukung pembangunan berdasarkan skala priorita.

“Dengan kegiatan ini dapat kita lihat dan rasakan mana yang lebih baik didahulukan guna kesejahteraan masyarakat kita,” ucap pungkas Syahlan. (BD01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here