SR,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Sabtu (8/4) kembali melaksanakan kegiatan Touring of Education Sergai III dengan rute Dolok Masihul-Bintang Bayu yang titik start di SMPN 2 Kecamatan Dolok Masihul.

Dalam kegiatan tersebut turut serta Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kadis Kepemudaan Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor, Kadis PU PR Suwanto Nasution, Kadis Perkim Dasril, SH, MKn, Direktur USAID Prioritas Agus Marwan, Muspika Kecamatan Dolok Masihul dan Bintang Bayu, para Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK se-Sergai.

Disela-sela kegiatan Touring dan peninjauannya keberbagai sekolah tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan sambutannya bahwa kegiatan ini menggembirakan dan sangat antusias untuk mengikutinya, terutama akan mengunjungi sekaligus melihat langsung kondisi sekolah yang ada di SMPN 2 Kecamatan Dolok Masihul.

Dihadapan para siswa Bupati mengatakan, meskipun kita tinggal di kampung akan tetapi prestasi kita tidak kampungan. Sergai baru saja mendapat penghargaan sebagai penyelenggara Program Literasi terbaik dari Mendikbud. Hal ini terbukti dari kesungguhan kita dalam belajar dan bekerja. “Jadilah yang terbaik Beranilah bermimpi besar untuk meraih prestasi, tetapi bertanggung jawab untuk mewujudkan mimpi tersebut,katanya

Selanjutnya Soekirma menyebutkan bahwa kegiatan ini intinya kebersamaan dan kekompakan.Kebersamaan harus terus dipelihara dan ditingkatkan karena kebersamaan mudah dikatakan tetapi sulit dilakukan.
Terkait pendidikan, Bupati menyoroti masih banyaknya tenaga pendidikan yang berstatus kontrak. Perlu dukungan semua pihak agar pelaku pendidikan mendapatkan status dan penghasilan yang layak untuk sejahtera.

Senada dengan Bupati, Wabup Sergai Darma Wijaya juga memberikan arahan kepada siswa sekolah yang dikunjungi, terutama yang mengendarai sepeda motor agar kiranya menaati peraturan lalu lintas yang berlaku dengan memiliki SIM serta kelengkapan lainnya.

Disamping itu Wabup juga menyampaikan bahwa jangan pernah minder dan malu jika lokasi sekolah kita di kampung. Belum tentu sekolah yang letaknya di kota dan mahal itu jaminan keberhasilan. Harus berani maju dan terus berprestasi untuk membuktikan kemampuan pendidikan di daerah kita. Sudah banyak contoh orang besar dan berhasil justru terlahir dari desa dan keadaan keluarga yang seadanya serta sekolah ditempat yang biasa.

Pergunakan waktu yang ada sesuai porsinya. Waktunya belajar kita belajar, waktunya bermain ada,akan tetapi prioritaskan membantu orang tua,ungkapnya.

Sementara itu Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kepada para siswa hendaknya kita dapat menjaga apa yang menjadi tanggung jawab kita, terutama lingkungan sekolah agar tetap asri dan layak dipandang. Oleh karenanya mari kita tingkatkan kecintaan kepada lingkungan sekitar yang merupakan tindakan luar biasa. Dalam kesempatan ini saya mewakili Kejaksaan juga menyempatkan diri untuk menyampaikan himbauan kepada para ASN Dinas Pendidikan untuk taat hukum guna menghindari hukuman. Mari berlaku baik dan jujur untuk membangun pendidikan masyarakat kita yang adil, makmur dan sejahtera, ujar Kajari.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM mengatakan bahwa kegiatan ini adalah olah raga rekreasi dan edukasi dalam rangka meninjau kondisi sarana dan prasarana publik seperti sekolah dan sarana pendukung lainnya.

Sudah saatnya kita tunjukkan bagaimana keadaan sebenarnya pendidikan kita. Pembelajaran yang sangat positif untuk membangun kebersamaan dan kekompakan.

Ini adalah tour yang ketiga, setelah sebelumnya menempuh rute Bandar Khalipah-Tanjung Beringin. Selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Kotarih-Silinda. “Ini semua untuk anak-anak bangsa terutama di Sergai.

Perjalanan yang melintasi wilayah perkebunan, jalan setapak dan pemukiman penduduk hampir 50 km. Kegiatan ini motivasinya adalah memupuk kebersamaan. Karena dengan kebersamaan akan selalu terjalin persatuan, berbuat terbaik untuk pendidikan di Sergai.

Kita buktikan bahwa pemimpin kita selalu turun langsung melihat keadaan dan sarana prasarana pendidikan sebagai bentuk kepedulian pemimpin agar masyarakat terjamin harkat hidupnya, kata Joni Walker.

Sambangi kegiatan Turun Bibit Desa Huta Nauli
Disela-sela kegiatan touring tersebut rombongan Bupati berkesempatan menyambangi acara Partangian Doa Syafaat (Doa Bersama) dalam rangka turun bibit di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul sekitarnya. Kegiatan ini adalah untuk memohon berkah dan keberhasilan hasil panen nantinya setelah turun tanam.

Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan dengan meninjau SDN 102069 Blok Sepuluh Dolok Masihul. Selanjutnya melihat kondisi SMPN 3 Dolok Masihul, lalu ke SMPN 1 Serbajadi dan berakhir di SMPN 1 Bintang Bayu. (BD 01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here