SR, MEDAN –
Seperti saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMK yang lalu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi juga memantau pelaksanaan hari pertama UN untuk tingkat SMA/MA yang dimulai Senin (10/04/2017).
Lokasi pertama dikunjungi SMAN 4 Medan. Gubsu di dampingi Kadis Pendidikan Provsu Arsyad Lubis dan Kepala Sekolah SMAN 4 Medan. Gubsu Erry melihat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 4 Medan dari luar ruangan.

“Hari ini kita memantau pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat SMA. Di SMAN 4 ini digelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kita berharap berjalan lancar,” ujar Erry.
Dalam kesempatan itu Gubsu Erry menyampaikan bahwa tahun ini telah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap SMA dan SMK yang melaksanakan UNBK. Jika tahun lalu sekolah yang melaksanakan UNBK hanya sebanyak 99 sekolah tahun ini mencapai 1.500 sekolah.

“Ini hal yang lebih baik di bandingkan tahun lalu. Peningkatannya sangat signifikan. Kita berharap tahun depan semakin banyak lagi sekolah yang melaksanakan UNBK,” harap Gubsu Erry.
Dengan UNBK, lanjut Erry, tentunya akan sangat memberikan kemudahan baik dari sisi distribusi kertas ujian, kebocoran soal maupun dari segi efektifitas waktu pemeriksaan hasil ujian. Oleh karenanya Gubsu kembali berharap jika tahun depan jumalah sekolah yang melaksanakan UNBK semakin meningkat.

“Kita berharap targetnya bisa 70-80 persen sekolah melaksanakan UNBK tahun depan. Tapi memang untuk UNBK ini ada kendala yang kita hadapi salah satunya persoalan ketersediaan komputer dan juga jaringan internet. Karena masih banyak di daerah-daerah lain yang kondisinya masih sulit terjangkau jaringan internet. Kalau persoalan listrik mudah-mudahan tidak ada masalah lagi kecuali ada persoalan teknis,” sebut Erry.

Sementara itu Kepala SMAN 4 Medan Ramli mengatakan sebanyak 600 siswa SMAN 4 melaksanakan UNBK. Mereka dibagi dalam lima ruangan. Usai memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 4 Medan, Gubsu dan rombongan juga mengunjungi SMA sawasta Panca Budi Medan juga memantau pelaksanaan UNBK.