SR, SERGAI – Dalam rangka mendukung optimalisasi lahan persawahan untuk Daerah Irigasi (DI) Sei Parit seluas 510 Ha yang sebelumnya mengalami alih fungsi kekomoditi kelapa sawit, ubi kayu, jagung dan sebagainya, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) bersama Wabup Darma Wijaya meresmikan beroperasinya kembali DI Sei Parit yang berlokasi di Dusun Tapian Nauli Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah, pada Selasa (27/12).

Di Sei Parit yang dibangun sejak tahun 2015 lalu mengalami kerusakan akibat bencana alam sehingga tidak berfungsinya irigasi dan membuat alur sungai berpindah ke lahan masyarakat. Bendung ini merupakan bendung terbesar yang pada daerah irigasi kewenangan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian DI Sei Parit ini masih dalam rangka mencapai swasembada pangan khususnya padi sawah sesuai dengan target RPJM Kabupaten Sergai Tahun 2016-2021 dengan produktivitas 6,2 ton/hektar. Untuk itu diperlukan kebijakan dan program yang terarah, terukur dan sinergi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Lahan Pertanian Berkelanjutan dan Perda Kabupaten Sergai Nomor 12 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Daerah yang menyatakan bahwa Kecamatan Sei Rampah dan Sei Bamban adalah kecamatan lumbung pangan khususnya padi sawah.

Lebih lanjut Bupati Sergai melalui momen peresmian DI Sei Parit ini mengajak seluruh masyarakat agar mengoptimalkan penggunaan lahan-lahan sawah dengan bercocok tanam padi sawah. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan daerah sendiri sekaligus sebagai penyuplai beras bagi provinsi Sumatera Utara (Sumut), Riau dan daerah lainnya. Kabupaten Sergai sebagai kontributor beras ketiga terbesar di Sumut memegang peranan penting terhadap stabilitas pembangunan dan perekonomian di Sumut. “Dengan diresmikannya DI Sei Parit ini maka 500 hektar lebih lahan siap produksi kembali dan kita dukung optimalisasi lahan sawah baru untuk Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan”, pungkas Bupati.

(DR07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here