Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kekayaan. Dari sisi wisata saja kita bisa lihat sedemikian banyak lokasi yang menjadi daya tarik yang luar biasa, tidak hanya wisatawan dalam negeri melainkan wisatawan mancanegara. Keindahan dan keunikan tersebut dapat kita lihat antara lain Candi Borobudur, Pulau Bali, dan lain sebagainya. Indonesia atau tepatnya di Tapanuli Utara, di Desa Parbubu, Sumatera Utara, mempunyai lokasi wisata yang sangat unik dan menarik dimana di dunia hanya terdapat 2 lokasi saja. Lokasi wisata tersebut adalah Wisata Pemandian Air Soda, dimana satu lokasi wisata yang sama hanya ada di Venezuela, Amerika Selatan.

Menurut sejarahnya penemuan pemandian air soda ini pertama kali ditemukan seorang bidan di Tapanuli Utara. Secara tidak sengaja Bidan ini menemukan semak belukar dan mendapati aliran air soda. Sejak tahun 1976 Bidan yang bernama Minar Sihite ini berupaya mengembangkan lokasi tersebut menjadi lokasi wisata. Pada tanggal 29 April 1989 lokasi ini sempat mengalami musibah tanah longsor, namun dengan usahanya Bidan Minar Sihite memperbaiki lokasi tersebut dan hingga saat ini menjadi lokasi wisata favorit di Tapanuli Utara.

Lokasi pemandian yang berupa kolam setengah lingkaran tersebut langsung berbatasan langsung dengan areal persawahan yang terhampar luas dan dibentengi oleh perbukitan yang mengelilingi kota Tarutung sehingga Anda akan mendapatkan suatu pemandangan yang elok dan udara yang sejuk. Selain itu sensasi mandi air soda tentunya akan terasa lain dimana saat kita turun kedalam air maka akan timbul gelembung-gelembung dan terasa berbusa. Air soda akan membuat badan kita halus dan terasa ringan serta airnya yang tidak lengket dan terasa asin walaupun tidak seperti asinnya air laut. Namun perlu berhati-hati karena jika percikan air mengenaimata akan sedikit perih. Warna air nyaris berwarna merah, sehingga masyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan nama Aek Rara Tarutung dimana Aek berarti Air dan Rara adalah Merah.

Waktu berkunjung paling tepat ke lokasi pemandian adalah pada pagi atau siang hari, karena jika sore hari sudah terlalu banyak orang mandi kolam akan kelihatan sedikit keruh. Sebenarnya kejernihan air dalam kolam selalu terjaga karena air soda terus mengalir dari mata air dan luapannya meluber mengaliri persawahan disekitar lokasi.

How to get There :
Pusat Kota Tarutung jika ditempuh dari kota Medan kurang lebih 295 KM atau 6 jam perjalanan melewati Kota Parapat, sedangkan dari Pulau Samosir (Danau Toba) kurang lebih 50 Km. Sedangkan lokasi pemandian tersebut berjarak sekitar 1 km saja dari pusat kota. Rute lain dari Medan juga bisa melalui kota Berastagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here